Menjaga Kehamilan Saat Trimester Ke-Dua

tips kesehatan ibu hamilTrimester kedua adalah masa kehamilan yang memasuki bulan ke-4 hingga ke-6. Umumnya ibu hamil sudah memasuki masa “aman”. Kebanyakan ibu sudah tidak mengalami “morning sick” seperti rasa mual, lemas, dan kurang enak badan. Ibu sudah mulai bisa memberikan asupan nutrisi untuk si jabang bayi. Nafsu makan ibu akan meningkat dan emosi lebih stabil dibanding trimester pertama tetapi emosi masih dalam keadaan labil. Berikut beberapa tips kesehatan saat trimester kedua ibu hamil:

1. Berikan Asupan Nutrisi Bagi Si Jabang Bayi

Ibu hamil dilarang berdiet. Si Ibu untuk fase ini harus mulai mempertimbangkan kondisi bayi. apabila di awal trimester kurang mampu memenuhi nutrisi bayi, sebaiknya pada trimester kedua ini ibu hamil memperbanyak makanan yang mengandung zat besi, yang berasal dari sayur-sayuran hijau. Protein dari kacang-kacangan, daging, dan ikan. Vitamin dari buah-buahan. Kalsium dari susu, telur, daging dan sebagainya. Serta tentunya karbohidrat dan lemak untuk memacu pertumbuhan dan peningkatan berat badan bayi dalam kandungan. Usahakan untuk menghindari makanan maupun minuman yang kurang mengandung manfaat bagi janin, seperti bakso, alkohol, kopi, teh, fast food, dan sejenisnya.

2. Mandi Air Hangat

Biasakan mandi pagi dan sore hari. Beberapa ibu akan terserang rasa malas ketika mengandung. Mandi yang rutin dan teratur selain menjaga kebersihan tubuh agar tidak mudah terserang kuman penyakit juga memiliki manfaat lain bagi ibu hamil. Menggunakan air hangat untuk mandi, bertujuan agar otot-otot ibu hamil lebih kendur dan tidak mudah kejang yang dapat berakibat sering menimbulkan kram.

3. Hindari Makanan Setengah Matang

Dalam tips kesehatan memilih makanan, seorang ibu hamil lebih baik menghindari makanan-makanan yang belum matang benar atau setengah masak seperti sate, steak, maupun ayam atau daging panggang. Begitu pula, sebaiknya tidak memakan tulang, semisal ayam goreng, sup tulang sapi dan lain sebagainya. Hal ini menghindari janin terserang virus atau bakteri yang terdapat pada daging atau makanan setengah masak maupun tulang-tulangan.

4. Hindari Membungkuk

Jangan langsung menunduk untuk memungut sesuatu. Karena hal ini cukup membahayakan kondisi bayi di dalam rahim. Kepala ibu yang lebih rendah dari perut akan memberikan tekanan pada saluran ketuban sehingga mampu menyumbat asupan nutrisi maupun udara ke bayi. Apabila ibu hamil harus mengambil suatu barang lebih baik berjongkok.

5. Mulai Melakukan Perawatan Payudara

Sebaiknya ibu hamil pada saat trimester kedua ini mulai melakukan perangsangan pada payudara, terutama ketika mengandung anak pertama, agar setelah melahirkan, susu ibu dapat terproduksi dengan lancar dan menghindari terjadinya pembengkakan dan peradangan. Rutin melakukan pemijatan serta massage payudara dengan merangsang puting menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>