Penyebab Sel Telur Sulit Matang

Sel telur sulit matangBanyak pasangan usia subur yang telah menikah bertahun-tahun belum juga dikaruniai keturunan. Jika dalam waktu satu tahun pasangan tersebut belum memiliki anak walaupun dengan intensitas hubungan yang cukup, maka bisa dikatakan mereka adalah pasangan infertil. Penyebab infertil sendiri bisa dari suami maupun istri, penyebab dari istri salah satunya adalah sel telur sulit matang. Wanita yang mengalami sel telur sulit matang akan menyebabkan wanita tersebut sulit hamil karena tidak ada sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma. Sehingga masa subur pun akan sulit ditentukan karena siklus haidnya juga tidak teratur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sel telur sulit matang di antaranya adalah:

1. Kekurangan gizi dan berat badan kurang.
Gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya dipergunakan untuk reproduksi. Kebutuhan akan gizi yang tidak terpenuhi dapat menghambat pematangan sel telur. Dokter kandungan atau bidan biasanya menyarankan wanita yang berat badannya kurang untuk berusaha menaikkan berat badannya sebelum merencanakan kehamilan. Karena kemungkinan yang menyebabkannya sulit hamil adalah kekurangan zat gizi.

2. Terlalu gemuk.
Hal ini bisa menyebabkan sel telur sulit matang, sehingga wanita obesitas sebaiknya mengurangi berat badannya ketika ingin hamil.

3. Adanya ketidakseimbangan hormon.
Kadar hormon reproduksi yang tidak seimbang pada tubuh wanita sangat berpengaruh terhadap masa subur. Hormon yang berlebih ataupun kurang dapat membuat sistem reproduksi terganggu termasuk sel telur yang menjadi intinya.

4. Adanya penyakit seperti kista, tumor, endometriosis, atau penyakit Policystic Ovary Syndrom yang disingkat dengan PCOS.
Policystic Ovary Syndrom merupakan kelainan pada folikel (tempat penghasil sel telur) yang berada pada tuba falopi, di mana folikel atau kantong ini tidak dapat berkembang dengan baik sehingga sel telur sulit matang atau bahkan rusak. Wanita yang memiliki penyakit ini mempunyai ciri-ciri haid tidak teratur, haid berhenti, bahkan ada yang mengatakan salah satu cirinya adalah tumbuhnya rambut atau bulu yang sewajarnya tidak tumbuh pada wanita seperti kumis dan rambut pada dada.

5. Terinfeksi TORCH(Toxoplasma, Rubella, CMV, dan Herpes).
Tidak semua penyakit ini disebabkan oleh virus, karena Toxoplasma gondii merupakan parasit yang hidup dalam darah. Jika dilihat dengan mikroskop, parasit Toxoplasma berada di sekitar sel darah merah dan berbentuk seperti bulan sabit. TORCH yang telah masuk ke dalam tubuh akan merusak organ-organ di dalamnya, salah satunya adalah sel telur. TORCH akan merusak sel telur, membuatnya mengecil, bahkan mati. Ketiadaan sel telur yang matang merupakan salah satu sebab wanita sulit hamil.

6. Kelelahan dan stres juga berdampak negatif pada kesuburan.
Demikianlah beberapa penyebab mengapa sel telur sulit matang. Jika seorang wanita tidak mengalami haid atau haidnya tidak teratur sehingga sulit menentukan masa subur, ada kemungkinan sel telur sulit matang. Oleh karena itu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab sulit hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>