Tips-tips Merawat Kehamilan

tips kehamilanKehamilan adalah suatu proses yang dinantikan oleh setiap wanita. Tentu saja, dalam masa kehamilan, kita harus menjaga semua aktifitas dan konsumsi makanan kita sehingga bayi yang kita kandung sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Ada banyak tips kehamilan yang dapat kita lakukan untuk memberikan yang terbaik untuk bayi kita. Berikut tips seputar kehamilan agar ibu hamil dan bayi yang dikandung dalam kondisi yang maksimal.

Sebenarnya menjaga nutrisi dan kandungan sebelum mengandung sangat disarankan. Jika kita masih merencanakan kehamilan, kita dapat mempersiapkan dengan meminum susu yang dibuat khusus untuk ibu yang berencana untuk mengandung. Susu tersebut akan mencukupi nutrisi ibu dan janin sedini mungkin, bahkan hari pertama janin tersebut tumbuh. Ibu hamil biasanya mengkonsumsi susu bernutrisi untuk ibu hamil setelah mengetahui bahwa dirinya hamil, biasanya setelah 2-3 bulan, jadi bayi berusia 2-3 bulan tidak mendapat nutrisi yang cukup. Maka dari itu, susu untuk merencanakan kehamilan sangatlah penting.

Tips kehamilan yang kedua adalah berolahraga. Tentu saja, ibu hamil tidak disarankan untuk berolahraga berat seperti jogging atau fitness, maka lakukan senam kehamilan sedini mungkin. Bukan hanya meminimalisir nyeri dan rasa sakit yang terjadi saat kehamilan, tetapi senam ibu hamil bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh saat dan sesudah melahirkan dan membantu kelancaran persalinan. Tip ketiga seputar kehamilan adalah memperbanyak konsumsi sayur.

Kita disarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran agar kita dan bayi kita mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Mengkonsumsi vitamin juga baik untuk ibu hamil, tetapi, pastikan vitamin tersebut aman bagi ibu hamil, tentu saja, disarankan untuk memperoleh vitamin dari sumber alami. Tips keempat, jangan sembarangan mengkonsumsi obat. Sebisa mungkin kita harus menghindari obat-obatan kimia. Pada saat hamil memang kita akan mengalami banyak keluhan seperti mual, pusing, pegal-pegal, dan sebagainya, solusi-solusi aman seperti menggunakan minyak kayu putih, balsem, berolahraga lebih disarankan daripada meminum obat kimia.

Satu hal yang pasti adalah berhenti merokok dan minum alkohol. Hal tersebut dapat berdampak negatif untuk bayi, jadi pastikan kita menghentikan kebiasaan tersebut pada saat kita merencanakan kehamilan. Pada masa kehamilan, kita disarankan untuk menambah 300-500 kalori per hari pada makanan kita. Jumlah kalori ini mungkin terlihat banyak, tetapi hal ini dibutuhkan oleh bayi kita.

Tips kehamilan berikutnya adalah peregangan. Lakukan peregangan setiap hari, terutama pada kaki saat malam hari sebelum tidur. Ibu hamil biasanya mengalami kram kaki dan peregangan dapat meminimalisir hal tersebut. Peregangan juga dapat mencegah sakit pada tulang belakang. Jangan lupa untuk mencatat dan menjadwal periode kehamilan kita dan pastikan kita belajar hal-hal penting yang harus kita lakukan atau persiapkan menjelang persalinan. Tips seputar kehamilan terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya adalah mengontrol keadaan janin kita secara teratur. Dengan mengnjungi dokter secara teratur, kita dapat mencegah permasalahan pada janin kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>