Mengobati Infeksi Jamur Pada Bayi

Munculnya penyakit atau gangguan kesehatan pada seorang bayi pasti berakibat pada timbulnya kekhawatiran dari orangtua, walaupun gangguan tersebut hanya sekedar penyakit ringan seperti infeksi jamur. Infeksi jamur kulit bayi dikatakan termasuk penyakit ringan karena hanya menyerang bagian kulit tubuh bayi dan tidak menyebabkan resiko yang fatal bagi bayi. Tetapi walaupun demikian tetap saja hal ini mengganggu kesehatan bayi dan membutuhkan perhatian serius dari orangtua.

Infeksi jamur kulit bayi sebagaimana jenis penyakit kulit lainnya, dapat menyerang siapa saja dengan rentang usia yang bervariasi. Tetapi karena kulit bayi relatif lebih rentan dan sensitif, maka ia lebih mudah terserang penyakit dibandingkan orang dewasa. Bagian tubuh bayi yang paling rentan terhadap penyakit ini adalah kepala, lipatan ketiak, dan lipatan paha atau yang sering disebut ruam popok. Penyebab munculnya penyakit ini yang sering ditemukan adalah kulit terlalu lama dalam keadaan lembab atau basah, misal pada ruam popok. Sementara itu, gejala awal yang muncul adalah ruam memerah disertai rasa gatal, akibatnya bayi sering rewel dan ini membuat orangtua sering merasa kebingungan.

Keluhan infeksi jamur kulit bayi dapat diperingan dengan perawatan bayi di rumah yang dilakukan orangtua dengan beberapa hal. Meringankan rasa gatal yang membuat bayi rewel dapat dengan cara memberikan pakaian yang nyaman dan mengoleskan air hangat secara berkala. Serta berusaha tetap menjaga kebersihan kulit bayi terutama pada bagian tubuh yang terinfeksi agar infeksi tidak meluas.

Sementara itu, pengobatan secara medis oleh dokter anak sangat disarankan agar infeksi jamur kulit bayi dapat segera tertangani. Pada tahap awal biasanya dokter anak akan mencari tahu secara pasti jenis jamur yang menjadi penyebab infeksi. Hal itu dikarenakan terkadang gejala yang muncul sering terlihat sama antara jamur yang satu dengan jamur yang lain. Sehingga dokter akan dapat memberikan obat kulit yang sesuai dengan infeksi yang dialami oleh bayi. Pemberian obat kulit bertujuan untuk mencegah meluasnya infeksi sekaligus mengikis jamur penyebab infeksi.

Pada bayi obat kulit yang diberikan berdosis lebih ringan dan memiliki kemampuan untuk diserap kulit secara cepat. Tanda-tanda kesembuhan adalah dengan mengeringnya daerah yang mengalami infeksi hingga seluruh luka benar-benar sembuh. Bekas infeksi biasanya akan memberikan bekas kehitaman pada kulit bayi, tetapi hal ini dapat diatasi dengan perawatan rutin oleh orangtua. Juga dengan salalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi agar hal serupa tidak terjadi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>