Perangkat Keselamatan yang Efektif untuk Balita Anda

Pada umumnya balita mempelajari dan mengenal lingkungannya dengan menyentuh, mencium, dan merasakan atau mencobanya. Mereka tidak menyadari bahaya yang mungkin terjadi saat mereka mengeksporasi lingkungannya. Tanpa kita sadari para orang-tua, barang-barang disekeliling kita sangat berbahaya bagi keselamatan si-balita.

Menerapkan beberapa aturan keamanan, dan memeriksa atau membersihkan daerah sekitar rumah dapat membantu melindungi dan menjaga keselamatan bayi dari hal-hal berbahaya. Selain itu para orang-tua perlu lebih jeli dalam memilih perlengkapan bayi yang aman sehingga tidak merugikan keselamatan bayi anda. Beberapa perangkat keselamatan yang efektif untuk balita, diantaranya:

  1. Boks bayi atau tempat tidur bayi. Biasanya di toko perlengkapan bayi beragam model dan ukuran boks bayi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan boks bayi berteralis, akan mengurangi resiko bayi terjatuh saat tidur dibanding di tempat tidur biasa.
  2. Kereta bayi. Kereta bayi memang harus cermat. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan, seperti contoh kereta bayi untuk makan sangat penting. Balita pada umumnya sudah mulai repot ketika saat makan, atau ketika bermain. Kereta bayi dapat menghindari resiko bayi terjatuh ketika balita sudah mulai bisa merangkak.
  3. Mainan dan perabot balita berbahan plastik. Ini sangat penting, balita memiliki kebiasaan melempar mainan atau bahkan peralatan makannya.

Selain hal-hal di atas peran orang-tua atau pengasuh lebih memperhatikan zat-zat berbahaya disekeliling balita, diantaranya:

  • menjauhkan obat-obat, alkohol, kosmetik dan zat-zat berbahaya lainnya dari jangkauan balita.
  • menjauhkan peralatan berat, mudah pecah, mudah terbakar dan benda tajam dari jangkauan balita.
  • tutup semua stop kontak, cabut aliran listrik dan perangkat listrik lainnya yang mudah di jangkau balita
  • ajarkan mana makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh di makan/minum.

Ingatlah, hampir semua bahan bukan makanan berpotensi untuk membahayakan bayi anda. Peran orang-tua dalam merawat bayi dan memilih perlengkapan bayi yang aman dapat menjaga keselamatan bayi anda.

One thought on “Perangkat Keselamatan yang Efektif untuk Balita Anda

  1. halimah

    Betul sekali, kita harus selalu waspada denga segala perlengkapan yang ada di sekitar kita. jangan menganggap sepele, karena jika lengah hal-hal yang sepele bisa berakibat fatal.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>